Rabu, 09 Oktober 2013

SISTEM PELAYANAN LALU-LINTAS PENERBANGAN BANDARA SMB II PALEMBANG

SISTEM OTOMASI PELAYANAN LALU-LINTAS PENERBANGAN



     ATS Sistem adalah rangkaian atau susunan yang saling berhubungan dalam satu kesatuan baik berupa manusia atau alat sebagai penunjang pelayanan lalu-lintas penerbangan. Secara keseluruhan ATS sistem menyusun alur informasi-informasi penerbangan yang selanjutnya  akan digunakan oleh unit-unit ATS di bandara. Sub bagian dari ATS sistem adalah  ATC automation yaitu suatu system otomasi dan terintegrasi  dalam mengelola data data flight plan, alerting system. dan laporan cuaca, yang data data tersebut dapat digunakan oleh ATC dengan tujuan mengurangi beban kerja, maupun beban komunikasi. Informasi-informasi penerbangan berupa data-data didistribusikan ke unit-unit ATS secara otomasi dan teritegrasi. Alur informasi penerbangan tersebut baik yang datang maupun keluar diterima oleh fasilitas sistem AMSC [Automatic massege switching center] melalui jaringan perangkat  AFTN  [ Aeronoutical Fixed Telecommunication network ] dan kemudian didstribusikan melalui media flight data processing system ke unit-unit ATS, diantaranya unit Aerodrome control Tower, Approach control radar, Brieffing Office dan sub comm center. 









     Dalam documen ICAO ATS Planning Manual
Automation is justified if further improvement in
efficiency is required:
 
a) when any particular ATC functions or processes are
    becoming too burdensome or time-consuming to be
    carried out by human operators alone;
b) when substantive improvement with regard to regularity
    and expedition of operations cannot adequately be
    obtained by other means;
c) when safer or more efficient service is obtainable
    through introduction of automation.

  

  • Flight Data Proseccing system berfungsi mengelola data flight plan baik berupa RPL maupun individual FPL yang secara otomasi didistribusikan ke unit-unit ATS di Bandara.setempat.  
  • Radar Data Proseccing System berfungsi mengkoneksi data flight plan dari Flight proseccing system secara otomasi pada tampilan radar display monitor di unit ATC radar.
  • AMSC jaringan AFTN berfungsi menerima dan mengirim berita-berita penerbangan antara stasiun di darat. termasuk berita cuaca, dan flight plan.
  • Automatic weather Observation System adalah suatu sistem yang  memberikan  informasi-informasi cuaca terupdate untuk operasi penerbangan yang disampaikan secara otomasi dan bersumber dari Meteorologi Office.

-   



 

    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar